Ulasan 1: Boot Process in Linux

Dalam ulasan pertama, saya akan mengulas video mengenai bagaimana proses apa saja yang terjadi ketika komputer dengan operating system Linux dinyalakan. Ulasan memakai sumber video berdurasi 4 menit 11 detik dari https://youtu.be/RgLMBXg5b9I dengan judul "Boot Process in Linux". Video tersebut diunggah oleh Srujan Kamatala pada tanggal 25 oktober 2016.

Video ini menjelaskan tentang 6 proses yang terjadi saat kita menyalakan Linux. Pertama, yaitu proses BIOS. BIOS (Basic Input Output System) merupakan interface paling dasar antara komputer dan peripheral. BIOS melakukan pemeriksaan pada memori, me-load, dan kemudian mencari instruksi pada Master Boot Record (MBR). MBR terletak di sektor pertama bootable disk /dev/sda dan menjalankan boot loader. Kemudian, GRUB (Grand Unified Bootloader) me-load boot loader dan akan me-load kernel dalam file konfigurasi grub yang dapat dibuka di /boot/grub/boot/conf. Didalamnya berisi kernel image dan initrd. Kernel mengeksekusi proses sbin/init. Initrd digunakan oleh kernel sebagai temporary root file system sampai kernel menjadi root file system. INIT (Initiaization) dijalankan oleh kernel, merupakan proses yang menjadi dasar dari proses lain. Program init menentukanjenis run level yang bisa tersedia, seperti halt, single user moder, multiuser without NFS, unused, X11, reboot yang akan dijalankan (terdapat pada /etc/inittab).

Untuk video yang hanya berdurasi 4 menit, Srujan Kamatala dapat mengemas semua proses booting di Linux dengan cukup jelas, dengan ditambah penjelasan direktori. Visualisasi dalam video ini cukup menarik sehingga tidak membuat bosan dan mudah dimengerti.

Github account: aisyahhusna
URL ulasan : http://tulisanais.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-1-boot-process-in-linux_41.html
URL video : https://youtu.be/RgLMBXg5b9I (4:11)
Video author : Srujan Kamatala
Pemetaan : week03
Revisi Pertama : 18 Mei 2017
Revisi Terakhir : 20 Mei 2017




0 komentar:

Posting Komentar