Ulasan 2: Socket Programming in Java

Pada ulasan kedua, saya akan membahas video mengenai socket programming pada Java. Ulasan menggunakan video berjudul "Socket Programming Basics Presentation" https://youtu.be/eVYsIolL2gE yang diunggah oleh TheSecurityTube pada tanggal 9 Maret 2012.

Video ini menjelaskan tentang dasar pengetahuan tentang socket programming. Socket merupakan alur komunikasi dimana didalamnya terjadi pertukaran data antar program/proses dalam sebuah jaringan mesin. Socket programming adalah bagaimana menggunakan socket API (Application Socket Programming). Socket API() memilik beberapa function yaitu Socket() untuk membuat sebuah socket, Bind() untuk membuat nama socket, Listen() untuk menentukan jumlah koneksi yang tertunda yang nantinya bisa menjadi antrian untuk server socket, Connect() untuk client agar bisa me-request ke server, Accept() untuk server agar dapat menerima request dari client, Send(), dan Close().


Terdapat 3 jenis protokol yang digunakan, yakni IP, UDP dan TCP. 
Video ini juga menjelaskan mengenai hubungan antar Client dan ServerPada sisi aplikasi server, suatu socket server dibentuk dan melakukan operasi listen/menunggu permintaan koneksi dari sisi klien. Pada sisi client, dibuat socket client yang akan mencoba meminta koneksi ke socket server. Selanjutnya, socket server dapt kembali melakukan listen untuk menunggu permohonan koneksi dari client lain jika multithreading diimplementasikan.


Penggunggah mengemas videonya dengan full text, sehingga video terlihat sedikit membosankan. Namun disi lain, pengunggah memberikan narasi di sepanjang video sehingga menjelaskan konten dari materi video dan membuat video dapat lebih dimengerti.




Github Account : aisyahhusna
URL Ulasan :  http://tulisanais.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-2-socket-programming-in-java.html
URL Video : https://youtu.be/eVYsIolL2gE (8 menit 23 detik)
Video Author : The Security Tube
Pemetaan: week08
Revisi pertama : 20 Mei 2017
Revisi terakhir : 20 Mei 2017

0 komentar:

Posting Komentar